You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsaluyu
Desa Mekarsaluyu

Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

GAMBARAN UMUM KONDISI DESA MEKARSALUYU

Pemdes Mekarsaluyu 27 Agustus 2016 Dibaca 1.040 Kali

GAMBARAN UMUM KONDISI DESA

 

 

2.1        GEOGRAFIS DAN ADMINISTRASI

Desa Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan sebagai salah bagian dari Kabupaten Bandung mempunyai luas wilayah 464,366 Ha. Terletak pada ketinggian antara 700 meter dampai dengan 900 m di atas permukaan laut. Desa Mekarsaluyu terdiri dari 3 Dusun, 7 unit RW, dan 24 unit RT. Secara administratif wilayah Desa Mekarsaluyu berbatasan di:

- Sebelah Utara                     : Desa Ciburial dan Desa Cimenyan

- Sebelah Selatan                  : Kelurahan Cibeunying

- Sebelah Barat                     : Desa Ciburial

- Sebelah Timur                    : Desa Cimenyan

Secara topografis Desa Mekarsaluyu merupakan kawasan yang berbukit dengan variasi kemiringan antara 0,8 %, 8,15 % hingga 40 %. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah tangkapan air yang berfungsi menjaga keseimbangan hidrolis cekungan Bandung.

2.2        LEMBAGA-LEMBAGA DESA

Lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa Mekarsaluyu adalah sebagai berikut:

BPD Badan Permusyaratan Desa adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebagai unsure penyelenggara Pemerintahan Desa.

LPMD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) adalah lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra Pemerintahan Desa Mekarsaluyu dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan.

TP PKK Desa Mekarsaluyu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Desa Mekarsaluyu (TP.PKK Desa Mekarsaluyu adalah lembaga Kemasyarakatan sebagai mitra kerja Pemerintah Desa dan lembaga Kemasyarakatan lainnya, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pada masing-masing jenjang pemerintah untuk terlaksananya program PKK.

Rukun Warga ( RW ) Rukun Warga (RW) adalah bagian dari wilayah kerja Pemerintah Desa Mekarsaluyu dan merupakan lembaga yang dibentuk melalui musyawarah pengurus RT diwilayah kerjanya ditetapkan oleh pemerintah Desa.

Rukun Tetangga ( RT ) Rukun Tetangga ( RT ) adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa.

Karang Taruna Mekar Jaya Desa Mekarsaluyu Karang Taruna adalah lembaga kemasyarakatan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial, dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda diwilayah Desa Mekarsaluyu dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial yang secara fungsional dibina dan di kembangkan oleh Departemen Sosial.

Kader Pemberdayaan Masyarakat ( KPM ) Desa Mekarsaluyu

Kader pemberdayaan masyarakat Desa Mekarsaluyu ( KPM ) adalah anggota masyarakat Desa Mekarsaluyu yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan kemauan untuk menggerakan partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image